Wednesday, June 23

PLANOLOGI

Planologi

Teknik Planologi? apa itu? Teknik Planologi sepertinya masih asing didengar ya. Biasanya orang yang baru sekali dengar, pasti langsung berfikir bahwa ini adalah jurusan yang mempelajari tumbuh-tumbuhan, pesawat, atau bahkan astronomi. padahal planologi sangat dibutuhkan eksistingnya di dunia lhoo
. Dalam bahasa Inggris Planologi atau Perencanaan Wilayah Dan Kota biasa disebut ‘urban and regional planning’. Plan disini artinya rencana. Perencanaan disini berada dilingkup perencanaan wilayah dan kota.

Seseorang yang mempelajari Planologi biasa disebut ‘planner’ yaitu perencana. Seorang planner sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan disuatu wilayah. Yang dipelajari disini adalah sebuah management kota dengan pertimbangan seluruh aspek yang ada didalamnya. Planner juga belajar untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial, fisik, ekonomi lingkungan, kota, pinggiran kota, wilayah metropolitan hingga masalah kewirausahaannya. Mengapa kita perlu mempelajari semua aspek tersebut? Karena untuk merencanakan suatu kawasan dari lingkup yang kecil hingga besar perlu memahami karakteristik kawasan tersebut.

Coba bayangkan jika sebuah kota tidak ada perencanaannya? Sama saja seperti anak kecil yang tumbuh dewasa tanpa cita-cita, pasti tidak mempunyai tujuan hidup ke depannya.haha. segitu pentingnya seorang planner dong kalo begitu? absolutely, yes. Dengan adanya kita, kesehatan dan keseimbangan kota akan terus terjaga. Berbanggalah menjadi seorang mahasiswa/mahasiswi PLANOLOGI. so, we are cool right?.

from me to MEGZOPLANO. xoxo

No comments:

Post a Comment